25 radar bogor

GOR Pajajaran dan Puskesmas Jadi Alternatif Tempat Isolasi Pasien Covid

GOR Pajajaran
GOR Pajajaran

BOGOR – RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) menyatakan, ketersediaan tempat tidur (bed) untuk isolasi pasien Covid-19 di Kota Bogor sudah mencapai 80 persen. Pemkot kemudian mengeluarkan opsi lain selain rumah sakit untuk tempat isolasi pasien covid.

Yakni beberapa puskesmas dan Gelanggang Olah Raga (GOR) Pajajaran yang berlokasi di Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal.

“Memang salah satu opsinya menjadikan GOR Pajajaran sebagai tempat isolasi pasien Covid-19,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim pada radarbogor.id, Selasa (8/12/2020).

Sementara kata Dedie, ada tiga opsi puskesmas di Kota Bogor yang bisa digunakan. Misalnya di Puskesmas Tanah Sareal, Cipaku dan di Mekarwangi.

“Puskesmas juga kita pikirkan. Tetapi harus ditambah kamarnya. Tapi itu semua sedang kita pikirkan,” tegasnya.

Dedie menjelaskan, opsi penggunaan GOR Pajajaran dan puskesas merupakan kesiapan Pemkot Bogor untuk menampung pasien yang memiliki gejala.

Sebab, tempat isolasi pasien tanpa gejala (OTG) di BNN Lido saat ini tersedia 26 dari total 100 tempat tidur.

Tidak hanya itu, pertimbangan untuk menggunakan hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19, dikemukakan kembali.

“Jadi kalau kemungkinan tentang hotel itu juga masih menjadi salah satu pertimbangan. Tapi itu kan kalau hotel itukan sifatnya gejala medis rendah. Nah yang gejala medisnya sedang dan tinggi, ini juga harus dicarikan tempat,” tegasnya.

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, dari 480 tempat tidur yang tersedia di 21 rumah sakit rujukan Covid-19 Kota Bogor, sudah terisi sebanyak 387 kasur atau 80 persen.

Di antara 387 yang terisi, 11 di antaranya berasal dari ruang Unit Gawat Darurat (UGD) dan 19 tempat tidur berasal dari Intensive Care Unit (ICU).

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Heri Karnadi mengungkapkan, tim Satgas Covid-19 Kota Bogor sempat melakukan survei ke GOR Pajajaran beberapa waktu lalu.

Survei tersebut dilakukan untuk mengecek kemungkinan dijadikannya kawasan GOR Pajajaran menjadi tempat isolasi pasien Covid-19.

“Rencananya GOR Pajajaran akan dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19. Tapi ini masih dimatangkan dulu oleh tim Satgas Covid-19,” beber Heri.

Dia menyebutkan, ada dua bangunan yang memungkinkan untuk dijadikan tempat isolasi. Yakni gedung Indoor A dan gedung wisma atlet.

Jika GOR Pajajaran difungsikan, berdasarkan perhitungan sementara, diperkirakan penambahan ketersediaan tempat tidur bisa bertambah hingga 80 tempat tidur.

“Kalau perkiraan awal sekitar 80 tempat tidur. Tapi ini semua masih menunggu dari Satgas Covid-19 dulu,” pungkasnya. (dka)