25 radar bogor

Bupati Instruksikan Gapura Depan Kantor Bappenda Dibongkar, Kenapa?

Gapura
Nampak bangunan gapura yang belum jadi di simpang jalan Tegar Beriman menuju Stadion Pakansari. Kamis (3/12/2020). HENDI/RADAR BOGOR
Gapura
Nampak bangunan gapura yang belum jadi di simpang jalan Tegar Beriman menuju Stadion Pakansari. Kamis (3/12/2020). HENDI/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bakal membongkar bangunan menyerupai gapura yang berada di kiri dan kanan bahu Jalan Ediyoso, Komplek Stadion Pakansari, tepatnya depan Kantor Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor.

Pembongkaran terpaksa dilakukan lantaran keberadaannya dianggap tidak sejalan dengan fokus program Pemkab Bogor, dalam menata kawasan Cibinong Raya sebagai ibu kota Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin sempat geram dengan keberadaan gapura tersebut. Musababnya, sama sekali di luar perencanaan yang sudah dibuatnya.

Untuk itu, dirinya sudah memerintahkan untuk membongkar gapura tersebut.

“Itu di luar perencanaan kita, pembangunannya juga belum selesai. Dari pada nanti menghambat pembangunan pedestrian di Kawasan Stadion Pakansari, lebih baik kita bongkar saja,” katanya Kamis (3/11/2020).

Ade mengamini, jika pembangunan gapura tersebut memang ada kesalahan perencanaan yang dilakukan dinas.

Bahkan, pembangunan gapura yang digadang-gadang menghabiskan anggaran senilai Rp200 juta itu, tidak masuk dalam rencana besar penataan kawasan Cibinong Raya.

Ade mengatakan, Pemkab Bogor terpaksa harus mengorbankan untuk membongkarnya, agar pembangunan pedestrian tak terganggu penataannya.

“Dari pada menghambat pembangunan pedestrian yang besar ini, lebih baik kita korbankan pembangunan yang kecil itu,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Irma Lestiana membenarkan rencana pembongkaran tersebut.

“Memang akan kita bongkar. Karena untuk penataan ini satu paket juga,” tukasnya. (ded)