25 radar bogor

Pengerjaan Pedestrian Baru 40 Persen, Bibin: Kami Kedepankan Kualitas Bukan Kuantitas

Bupati Bogor, Ade Yasin meninjau proyek Pedestrian di Kawasan Stadion Pakansari Cibinong, Rabu (2/12/2020).
Bupati Bogor, Ade Yasin meninjau proyek Pedestrian di Kawasan Stadion Pakansari Cibinong, Rabu (2/12/2020).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Dinas Pekerjaa Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor mengungkapkan progres pengerjaan pembangunan jalur pedestrian Jalan Kandang Roda-Pakansari, baru mencapai 40 persen jelang akhir tahun.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Subiantoro mengatakan, progres pengerjaan jalan di sepanjang Jalan Ediyoso komplek Stadion Pakansari, Kelurahan Pakansari, Kabupaten Bogor terus dikebut hingga akhir tahun 2020. “Masih 40 persen. Di akhir tahun harus 80 persen pengerjaanya,” ujar Bibin-sapaanya kepada Radar Bogor, Rabu (2/11/2020).

Untuk itu, pekerjaan pembangunan pedestrian yang dikerjakan PT Vanca Utama Perkasa itu diprediksi menjadi paket luncuran yang dikerjakan hingga awal Januari 2021.

“Ada kemungkinan penambahan 50 hari kalender, tetapi mereka tetap dikenakan denda 1/1.000 per mil dari harga kontrak atau bagian kontrak untuk setiap hari keterlambatan,” ujar Bibin.

Bibin menjelaskan, denda yang harus dikerjakan sebesar Rp23 juta per hari. Akan tetapi, Bibin menjelaskan keterlambatan tersebut tidak murni disebabkan kesalahan pelaksana proyek melainkan karena pekerjaan yang sedang mereka garap hanya 110 hari kalender.

“Pekerjaan mereka (pedestrian) idealnya 6 bulan. Selain karena Covid-19, banyak pekerjaan yang harus ditata seperti PKL dan kabel utilitas,” ucapnya.

Menurutnya, penataan kabel kedepan tak lagi berada di atas tetapi di dalam pedestrian dengan jalur yang sudah disiapkan. “Kita bikin percontohan pedestrian ke depannya. Kami siapkan yang namanya menhole,” ucapnya.

Bibin bercerita jika pada saat lelang, dirinya sudah menegaskan jika dengan waktu yang tersedia hanya tersisa pengerjaan selama 110 hari kalender dan pada saat itu perusahaan tersebut menyanggupi.

“Mereka sanggup, oke deal kami anggarkan untuk pengerjaanya. Terlambatan tidak masalah, karena kami mengedepankan kualitas bukan kuantitas,” tukasnya.

Sebelumnya, pembangunan pedestrian di kawasan Stadion Pakansari menjadi perhatian khusus Bupati Bogor, Ade Yasin paska dirinya dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Di hari pertamanya beraktivitas, Ade Yasin langsung melototi pengerjaan pembangunan di Kabupaten Bogor jelang akhir tahun, salah satunya pengerjaan pembangunan jalur pedestrian Jalan Kandang Roda-Pakansari.

Ade mengungkapkan progres pembangunan pedestrian di kawasan Stadion Pakansari yang tengah dikerjakan oleh perusahaan PT Vanca Utama Perkasa.

Karena, kedepan selain melakukan penataan pedestrian bagi pejalan kaki. Kawasan tersebut akan menjadi pusat kuliner, dan tempat untuk warga yang melakukan aktiviras olah raga. Sehingga pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor sengaja melakukan penataan dan menganggarkan duit APBD sebesar Rp23,8 miliar.(ded)