Beranda Metropolis Upaya PLN UPT Bogor Amankan Jaringan Transmisi Listrik

Upaya PLN UPT Bogor Amankan Jaringan Transmisi Listrik

PLN
Petugas PLN melakukan pengecekan dan pemangkasan pohon yang ketinggiannya sudah melebih batas aman. IST

BOGOR – RADAR BOGOR, PT PLN (Persero) UPT Bogor terus berupaya mengamankan jaringan transmisi listrik saluran udara tegangan tinggi (SUTT) dan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) dari potensi terjadi gangguan. Salah satunya dengan kegiatan pemeliharaan ruang bebas atau right of way (ROW).

Pemeliharaan ruang bebas merupakan kegiatan melakukan pemangkasan atau penebangan pohon yang ketinggiannya sudah melebihi batas aman sesuai dengan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Nomor. 02 Tahun 2019 tentang Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minimum pada SUTT, SUTET dan Saluran Udara Tinggi Arus Searah Untuk Penyaluran Tenaga Listrik.

Seperti kegiatan yang baru ini dilaksanakan adalah pemeliharaan ruang bebas di jaringan SUTT 70kV Kracak-Bunar T.14-15.

universitas nusa bangsa unb

“Kegiatan ini rutin dilakukan untuk mengamankan ruang bebas minimum vertikal dari konduktor SUTT dan SUTET.” ujar Supervisor Gardu Induk Kracak M Aris.

Manager PLN UPT Bogor, Achmad Susilo menambahkan dalam melaksanakan pemeliharaan ruang bebas/ROW untuk mencegah terjadinya gangguan padam pasokan listrik, PLN membentuk tim khusus yang disebut Tim ROW.

“Selain melakukan pemangkasan atau penebangan pohon, juga melakukan pembersihan kawat listrik dari benang,layangan atau benda-benda lainnya yang mengganggu jaringan transmisi listrik” beber Achmad Susilo.

PLN menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menanam pohon keras yang berpotensi memasuki ruang bebas jalur Transmisi Listrik SUTT/SUTET.

Hal itu untuk mencegah terjadinya gangguan padam pasokan listrik kepada konsumen.  PLN akan terus menjaga komitmen dalam memenuhi kebutuhan pasokan listrik serta mengupayakan yang terbaik dalam menjaga keandalan penyaluran energi listrik kepada pelanggan. (ind/*)