25 radar bogor

Pembangunan Drainase Kampung Sampora Cibinong Rampung Lebih Cepat, Berkat Dukungan Warga

Drainase
Pembangunan saluran drainase di Kampung Sampora Cibinong yang selesai lebih cepat dari kalender kerja yang ditetapkan yakni awal Desember 2020. SEPTI/RADAR BOGOR
Drainase
Pembangunan saluran drainase di Kampung Sampora Cibinong yang selesai lebih cepat dari kalender kerja yang ditetapkan yakni awal Desember 2020. SEPTI/RADAR BOGOR

CIBINONG – RADAR BOGOR, Progres pembangunan saluran drainase di Kampung Sampora RT 05 RW 10 Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong telah mencapai 100 persen.

Pembangunan saluran drainase sepanjang 245 meter itu lebih cepat dari kalender kerja yang ditetapkan yakni awal Desember 2020.

Konsultan pengawas PT Fujitama Cipta Andalan Feri Wijaya mengatakan, drainase lingkungan itu dibangun untuk mengantisipasi longsor, banjir dan tentunya memperlancar aliran air.

“Pekerjaan fisiknya sudah rampung 100 persen sejak Kamis (19/11/2020) pekan lalu. Tidak hanya menjaga kualitas waktu, CV Raihan Putra sebagai penyedia jasa, juga mampu menjaga kualitas pekerjaannya,” ujarnya kepada media Kamis (26/11/2020).

Meski terjadi perubahan perencanaan beberapa kali saat proses pekerjaan sudah berjalan, lanjut Feri, CV Raihan Putra mampu menyelesaikannya dengan baik.

“Ada beberapa perubahan atas permintaan warga, salah satunya agar dibuatkan pagar pembatas di titik nol pekerjaan yang tujuannya agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Ia pun berterima kasih kepada masyarakat sekitar. Sebab sejak awal hingga akhir pembangunan sangat memberikan dukungan, baik tenaga maupun kebutuhan makanan pekerja.

“Warga sangat open, mereka memang sudah lama mendambakan saluran drainase dibangun karena di ujung saluran kerap longsor,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur CV Raihan Putra Jonarudin Syach mengatakan, saluran drainase itu dibangun sepanjang 245 meter dengan ketinggian 120 cm sepanjang 98 meter dan 100 cm 47 m.

Kemudian plester bawah sepanjang 70 m dan pasangan bronjong sepanjang 30 m dengan ketinggian bervariasi antara 2 meter sampai 6 meter dengan lantai diplester.

“Alhamdulillah, sangat bersyukur proyek ini berjalan lancar tanpa kendala, sehingga kami bisa maksimal bekerja. Terlebih masyarakat di lingkungan proyek sangat peduli, setiap hari mereka secara bergantian mengirimkan makanan dan minuman untuk para pekerja,” tandasnya.(cok)