25 radar bogor

Penghuni Lapas Paledang Swab Lagi, Langsung dari Kemenkumham

Lapas-paledang
Swab tes di Lapas Kelas II A Paledang, Kamis (26/11/2020).
Lapas-paledang
Swab tes di Lapas Kelas II A Paledang, Kamis (26/11/2020).

BOGOR – RADAR BOGOR, Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) melakukan tes swab serentak untuk Lembaga Permasyarakatan (Lapas) yang berada di wilayah Jakarta Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Kamis (26/11/2020).

Di Bogor sendiri, Lapas Kelas II A Paledang kembali melakukan swab test kepada ratusan penghuninya. Di antaranya, 116 pegawai lapas, 708 narapidana, dan 22 orang mitra koperasi.

“Ini dilakukan langsung atas perintah dari Kemenkumham. Pelaksanaan (swab) selama tiga hari,” kata Kepala Lapas Paledang Kelas IIA Bogor, Teguh Wibowo.

Pelaksanaan swab juga disaksikan dan dimonitoring langsung oleh Sesditjenpas Kemenkumham. Swab test massal itu, kata Teguh, merupakan upaya pencegahan dan pengecekan serta antisipasi penularan Covid-19 di lingkungan lapas.

Terakhir, Lapas Kelas IIA Paledang juga sempat melakukan tes swab pada awal November kemarin. “Ini adalah langkah preventif kami untuk memastikan semuanya aman dari Covid-19,” sambungnya.

Tes swab dilangsungkan di Aula Graha Sahardjo Lapas Kelas IIA Bogor. Petugas swab atau swaber juga didatangkan langsung dari Kemenkumham.

Kedepan, harap Teguh, seluruh orang dalam lapas, baik pegawai maupun WB dapat memeperoleh hasil tes swab yang terbebas dari Covid-19.

“Kami juga mengajukan kepada Kemenkumham untuk melakukan swab kepada petugas dan 1000 napi. Hanya saja ini masih dalam proses pengajuan,” tutupnya. (dka)