25 radar bogor

Operasi Senyap Edhy Prabowo Dipimpin Langsung Penyidik KPK Novel Baswedan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan sejumlah pihak lainnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhi Prabowo Ditangkap KPK

Edhy diamankan oleh tim penindakan KPK di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 01.23 WIB, Rabu (25/11/2020).

“Tadi pagi jam 01.23 WIB di Soetta (Soekarno-Hatta). Ada beberapa dari KKP dan keluarga yang bersangkutan,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Pimpinan KPK berlatar belakang akademisi ini mengakui, Edhy diamankan KPK karena diduga melakukan korupsi terkait ekspor benih lobster atau benur. “Benar KPK tangkap, terkait ekspor benur,” ujar Ghufron.

Sementara itu, Edhy diamankan bersama istrinya saat tiba di Bandara Soekarno Hatta. Politikus Gerindra itu baru tiba dari Amerika Serikat.

“Begitu tiba di Bandara Soekarno Hatta dengan pesawat dari Jepang, Eddy beserta istri dan beberapa rombongan yang ikut ke Amerika langsung ditangkap KPK dan dibawa ke gedung KPK,” ujar sumber yang enggan disebutkan identitasnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Ditangkap KPK Terkait Ekspor Benur

Operasi senyap itu diduga dipimpin oleh penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Saat ini, Edhy dan sejumlah pihak tengah dalam pemeriksaan di Gedung KPK.

“Sesampai di KPK langsung diperiksa. Di dalam gedung KPK sendiri terlihat ada Novel Baswedan penyidik senior KPK salah satu yang memimpin kegiatan itu,” pungkasnya. (jpg)