25 radar bogor

WHO Ingatkan Bahaya Gelombang Ketiga Covid-19, Mulai Menyerang Awal 2021

Ilustrasi-Covid-19
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi-Covid-19
Ilustrasi Covid-19

JAKARTA-RADAR BOGOR, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kekhawatirannya mengenai gelombang ketiga pandemi virus Covid-19. Bahkan ini diprediksi akan menyerang Eropa pada awal tahun 2021 mendatang.

Kekhawatiran ini dipicu oleh apa yang disebut dengan “kegagalan” menangani pandemi pada gelombang-gelombang sebelumnya.

David Nabarro dari WHO menyatakan bahwa benua biru cukup tertinggal dalam pembangunan infrastruktur dan protokol kesehatan penanganan virus Covid-19.

“Sekarang kita punya gelombang kedua. Jika mereka tidak membangun infrastruktur yang diperlukan, kita akan mengalami gelombang ketiga awal tahun depan,” kata David Nabarro dari WHO dalam wawancara dengan surat kabar Swiss Solothurner Zeitung, dikutip dari laman Reuters.

“Mereka ketinggalan membangun infrastruktur yang diperlukan selama bulan-bulan musim panas, setelah mereka mengendalikan gelombang pertama,” tambahnya.

Selain itu mantan calon sekjen WHO itu juga berpandangan bahwa pelonggaran mobilitas masyarakat di beberapa negara sangatlah terlalu dini.

Ia mengambil contoh dari negara Swiss mengenai pembukaan beberapa resor ski yang dikhawatirkan meledakan kasus infeksi baru.