25 radar bogor

Peringatan Dini, Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan

Hujan deras di Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor.

CISARUA-RADAR BOGOR, Sepekan kedepan, warga Kota dan Kabupaten Bogor diharap waspada. Pasalnya, sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Bogor akan dilanda cuaca ekstrem. Yakni hujan deras disertai angin kencang dan petir. Cuaca exstrem ini diperkirakan berlangsung hingga akhir November 2020.

Kepala Stasiun Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Citeko, Asep Firman Ilahi memaparkan, saat ini wilayah Bogor masih berada pada masa transisi.

Dimana pada masa ini penyinaran matahari masih maksimal. Permukaan masih panas, dan peluang pembentukan awan-awan konvektif Comulunimbus masih tinggi.

“peringatan Dini Cuaca. Diperkirakan Hujan deras disertai angin kencang dan petir melanda Bogor. Kondisi seperti ini masih akan bertahan hingga akhir November,” katanya kepada radarbogor.id, Senin (23/11/2020).

Asep Firman Ilahi meminta, masyarakat mewaspadai gejala cuaca ekstrim yang diakibatkan pada masa transisi ini. Potensi hujan disertai angin kencang dan petir akan sering melanda.

Sehingga, saat hujan disertai angin kencang dan petir, warga Bogor diminta untuk waspada dan siaga. “Hindari tiang listrik, baliho, pohon besar dan pohon menjulang seperti kelapa dan palem,” pintanya.

Ia juga mengimbau kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor untuk meremajakan pohon-pohon pelindung di tepi jalan. Dengan memangkas dahan yang sudah tua dan lapuk. “Agar memberi rasa aman kepada pengguna jalan saat hujan,” tuturnya.(all)