Beranda Bogor Raya Dunia Perburungan Hidupkan Ekonomi Kerakyatan

Dunia Perburungan Hidupkan Ekonomi Kerakyatan

Komunitas Kicau Mania.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sektor ekonomi mengalami dampak serius akibat pandemi virus corona. Berbagai kalangan berjuang membantu pemerintah dengan menghidupkan ekonomi kerakyatan. Salah satunya dunia perburungan.

Pendiri Komunitas Kicau Mania BNR, Boy, mengatakan perputaran ekonomi di dunia perburungan sangat membantu warga terdampak pandemi. Terlebih bagi mereka yang tidak mendapat bantuan langsung dari pemerintah. Keberadaan komunitas penghobi burung juga banyak membuka lapangan kerja baru.

“Apa saja ekonomi kerakyatan itu? Adanya perawat, joki, kemudian adanya penangkaran burung, orang banyak hidup dan bergantung pada dunia perburungan. Belum lagi pengrajin kandang, kios, hidup dengan adanya lomba burung,” ujarnya kepada Radar Bogor.

radarbogor universitas terbuka

Di sisi lain, Boy menyayangkan adanya pihak-pihak yang menyudutkan dunia perburungan sebagai ajang judi. Menurutnya, hal itu sangat tidak benar dan perlu diluruskan. Kembali Boy mengungkapkan bahwa justru banyak warga yang terbantu kehidupan ekonominya dari dunia perburungan.

“Di mana unsur judinya? Dunia burung sangat besar, dan apa tujuan dunia burung? Mengangkat ekonomi kerakyatan. Kami komunitas menciptakan lapangan kerja baru melalui dunia perburungan. Tidak ada perjudian sama sekali dalam dunia perburungan,” tegasnya.

Ketua Komunitas Kicau Mania BOGOR, Dens Biel, menambahkan komunitas Kicau Mania juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Juga membantu pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19. Semisal: setiap kegiatan dalam dunia perburungan wajib memenuhi protokol kesehatan. Penggunaan masker, rutin cuci tangan dan tetap menjaga jarak.

“Kami keberatan jika disebut perjudian. Bahkan kegiatan teranyar kami, hasilnya kami donasikan kepada mereka yang terdampak pandemi. Mereka yang membutuhkan,” cetus Dens Biel.(*)