25 radar bogor

Disdik Kabupaten Bogor Kuatkan Kualitas Data Dapodik Tingkat Daerah

Kegiatan Bimtek dapodik yang dilakukan Disdik Kabupaten Bogor.
Kegiatan Bimtek dapodik yang dilakukan Disdik Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Guna mendukung program realisasi Pancakarsa Bogor Cerdas, Dinas Pendidikan kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan Bimtek Data Pokok Pendidikan (Dapodik) jenjang SD dan SMP di salah satu hotel di Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung, Kamis (19/11).

Kasubag Program dan Pelaporan Disdik Kabupaten Bogor, Maman Nurpadilah menjelaskan, kegaiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi manajemen data Dapodik sekolah.

“Melalui kegiatan ini juga kami ingin meningkatkan kualitas Dapodik sekolah terutama mengenai kondisi kerusakan sarpras, dan mewujudkan basis data yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya sebagai bahan pendukung pengambilan kebijakan pemerintah,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, lanjutnya, diikuti sebanyak 400 peserta yang terbagi menjadi empat tahap, dengen menyasar kepada 40 operator kecamatan dan Komisariat SMP, 20 operator SD, pengawas SD 60 orang, dan 240  kepala SD, dengan mendatangkan narasumber dari Dirjen Paud dan Dikdasmen.

“Tahap I dilakukan Tanggal 16-18 November, II 19-21 November, III 23-25 November, dan IV 26-28  November. Namun, dalam pelaksanannya menggunakan protokol kesehatan yang ketat serta sesuai dengan prosedur,” papar Maman.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna mengatakan, Dapodik merupakan salah satu acuan penentu arah kebijakan, baik yang berupa kelembagaan hingga peserta didik.