25 radar bogor

PLN Tanam 10.000 Pohon di DAS Ciliwung

PLN UPDL Puncak, Cibogo, Megamendung, melakukan pembersihan sampah dan menanam 10.000 pohon di sekitar aliran sungai di Bumi Perkemahan Citamiang, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

CISARUA-RADAR BOGOR, Kelestarian alam dan kebersihan lingkungan di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung terus menjadi perhatian berbagai pihak.

Belum lama ini, PLN UPDL Puncak, Cibogo, Megamendung, melakukan pembersihan sampah dan menanam 10.000 pohon di sekitar aliran sungai di Bumi Perkemahan Citamiang, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Supervisor Pelayanan PLN UPDL Budi Warman mengatakan, program kegiatan rehabilitasi Hulu DAS Ciliwung dan Pengelolaan Sampah Terpadu digelar guna menjaga kondisi alam yang ada di sekitar.

“Kegiatan tersebut masuk di dalam program PLN Peduli. Bertujuan untuk pembinaan program yang diharapkan dapat berdampak banyak bagi lapisan masyarakat seperti pelestarian alam salah satunya,” kata dia kepada Radar Bogor, Senin (16/11).

Dia menilai, untuk mencapai tujuan program tersebut penamaan 10.000 pohon dengan sistem agroforestri. Dimana sistem tersebut merupakan perpaduan satu jenis tanaman tahunan (pepohonan) yang ditanam secara tumpang sari dengan satu atau lebih jenis tanaman semusim.

“Juga ada mesin pengelolaan sampah yang diberikan. Kami berharap program tersebut dapat membantu program pelestarian alam dan bermanfaat langsung bagi masyarakat di kawasan ini juga bagi masyarakat lebih luas lagi,” singkatnya.

Sementara Ketua LMDH Puncak Lestari, Desa Tugu Utara, Dedi Kusnadi mengucap syukur dengan adanya kegiatan penyerahan bantuan tersebut.

Bagi dia, dengan bertambahnya jumlah pohon di bantaran Hulu Sungai Ciliwung menjadi solusi untuk memperkecil penumpukan sampah sehingga kebersihan dan kelestarian alam di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor tetap terjaga.

“Kami sangat berterima kasih sekali atas bantuan yang diberikan. Semoga menjadi salah satu solusi penananganan sampah di sekitar. Agar kawasan Puncak bisa terbebas dari sampah,” tukasnya. (reg)