25 radar bogor

Terdampak Besar Pandemi, Puluhan Hotel di Jabar Dijual

ilustrasi okupansi hotel di Kota Bogor
ilustrasi okupansi hotel di Kota Bogor
ilustrasi-hotel
Ilustrasi Hotel

BANDUNG-RADAR BOGOR, Sektor perhotelan mengalami dampak terbesar akibat pandemi Covid-19. Akibatnya, beberapa hotel di Jawa Barat (Jabar) dikabarkan akan dijual.

“Mereka tidak ngomong, tapi banyak. Kalau data cukup banyak, puluhan,” ucap Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar, Minggu (15/11/2020) seperti dilansir detik.com.

Menurut Herman, rata-rata hotel yang hendak dilego ini berstatus di bawah bintang tiga. Meski begitu, ia tak bisa menyebutkan hotel mana saja. “(Bintang) tiga ada, empat ada. Paling banyak tiga ke bawah,” tuturnya.

Berdasarkan data PHRI, hotel yang dijual terdiri dari beberapa daerah di Jabar. Mulai dari kota besar hingga kabupaten. “Ya seperti di Bandung cukup banyak, Kabupaten Bandung, Bogor,” kata dia.

Dilegonya hotel-hotel di Jabar ini tak terlepas dari kondisi ekonomi di Jabar. Terlebih saat ini berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia mengalami resesi usai pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga negatif 3,48 persen.

“Sudah pasti itu (terkena dampak) karena dengan resesi itu daya beli kan berkurang, sedangkan pengangguran meningkat, orang kembali ke daerah-daerah,” ujarnya. (dtk/ysp)