25 radar bogor

Pahlawan dalam Perubahan Sosial Budaya melalui Terobosan Media Komunikasi di Masa Pandemi

RADAR BOGOR – Sejak awal dinyatakan pandemi, kita seolah terpuruk yang ditandai dengan penurunan berbagai sektor, termasuk ekonomi. Hidup tak berdaya dengan melemahnya motivasi.

Ruang gerak kita dirasa terbatas demi pemutusan rantai penularan virus Covid-19. Justru seharusnya kita harus opitimis berjuang dengan Covid-19.

Melalui terobosan media komunikasi, khususnya media digital, akan terjadi perubahan sosial budaya. Pantang menyerah, kreatif, dan berani berinovasi menuju kemerdekaan dalam pandemi Covid-19 sebagai sosok pahlawan.

Pahlawan bukan hanya sosok yang berperang melawan penjajah di medan pertempuran perang. Tak lagi hanya patriot pahlawan nasional yang berhasil memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Diri kita dapat melekat nilai-nilai kepahlawanan dalam segala situasi. Nilai-nilai kepahlawanan tersebut dapat berupa keberanian, pengorbanan, kejujuran, kreatif, dan pantang menyerah.

Tak lagi kita pandang sebagai musuh secara lawan. Tetapi jadikan pandemi ini sebagai kawan dengan rasa syukur. Banyak belajar dari pandemi yang bisa menuai karya gemilang.