25 radar bogor

Muncul saat Penguasa Mengecewakan, Habib Rizieq Mirip Tokoh Revolusioner Luar Negeri

Habib-rizieq
Imam Besar FPI saat diarak dari Bandara Soetta, Selasa (10/10/2020).
Habib-rizieq
Imam Besar FPI saat diarak dari Bandara Soetta, Selasa (10/10/2020).

JAKARTA–RADAR BOGOR, Habib Rizieq Shihab dinilai memiliki kemiripan dengan sejumlah tokoh revolusioner luar negeri. Pasalnya, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu dinilai memiliki modal awal. Di antaranya jumlah massa dan loyalis yang cukup besar, dan menjadi basis otoritas publik atas kekecewaan terhadap penguasa.

Demikian disampaikan pengamat politik Dedi Kurnia Syah kepada JPNN.com, Rabu (11/11/2020). “Kemarin kita menyaksikan HRS kembali menunjukkan performa basis otoritas publiknya,” ungkapnya.

Di sisi lain, pemerintah malah terkesan menganggap remeh HRS. “Statement Menko Polhukam terkesan menihilkan ketokohan HRS akan menjadi bara bagi loyalis HRS untuk makin mengemuka,” sambungnya.

Karena itu, ia menyatakan, pemerintah perlu melakukan langkah konsolidasi. Sebab, Habib Rizieq dengan segala sentimen politiknya, telah menjelma menjadi tokoh yang perlu diperhitungkan. “Stabilitas nasional dan ketertiban umum sangat mungkin terimbas dari kepulangan HRS,” jelas dia.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) itu melihat ada kemiripan antara fenomena Habib Rizieq dengan sejumlah tokoh gerakan revolusi di dunia. Di antaranya gerakan revolusi di Iran dan Filipina.

“Di belahan dunia mana pun, terutama negara-negara yang pemerintahnya mulai kehilangan kepercayaan publik, akan selalu muncul basis otoritas publik dan otoritas kekuasaan,” ungkapnya.