25 radar bogor

Hari Pahlawan 2020 : Prada Samlawi, Pejuang Asal Rumpin yang Terlupakan 

Prada-Samlawi
Makam Prada Samlawi di Kampung Gardu, Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin.
Prada-Samlawi
Makam Prada Samlawi di Kampung Gardu, Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin.

BESOK, Selasa (10/11/2020) Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Dihari Pahlawan kali ini radarbogor.id melakukan napak tilas salah satu pahlawan asal Rumpin, Kabupaten Bogor. Yakni, Prada Samlawi

Laporan :Muhamad Arif Al Fajar

Nama Prada Samlawi mungkin cukup asing di telinga masyarakat. Sebagian warga ada yang mengenal nama ini hanya sebatas nama jalan yang ada di Kabupaten Bogor.

Namun siapa sangka, pemilik nama yang diabadikan sebagai nama jalan di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor itu adalah sosok pejuang yang terlibat dalam mengusir penjajah dari tanah air Indonesia.

Prada Samlawi adalah putra asli Rumpin, Kabupaten Bogor yang semasa hidupnya terlibat dalam mengusir para penjajah Belanda di wilayah Bumi Tegar Beriman.

Jalan Prada Samlawi sendiri terbentang sepanjang dua kilometer. Dimulai dari ruas jalan utama Kecamatan Rumpin. Jalan ini melintasi dua desa.

Sosoknya pun cukup diperhitungkan hingga tidak disukai para penjajah. Kisah Prada Samlawi ini pun diceritakan melalui sebuah buku yang berjudul Prajurit asal Rumpin yang patriotik, Wafatnya Samlawi kala usir Belanda.