25 radar bogor

Menikmati Jamur Tiram Krispi Murphys di Bozz Foods, Camilan Jamur dari Perkebunan Sendiri

Jamur Tiram Krispi di Bozz Food.
Jamur Tiram Krispi di Bozz Food.

Produk jajanan jamur tiram itu sebenarnya bukan usaha yang pertama kali digeluti Agnia. Ia pernah menjalankan usaha yang lain.

Sayangnya, tak semulus usaha jamur tiram itu. Ia memulai jamur tiram dari proses budi daya yang dikembangkan melalui perkebunan semacam itu. Hal itu ditawarkan langsung oleh salah satu kerabat keluarganya.

“Ternyata budi daya jamur tiram mudah. Panennya bisa cepat dan banyak. Satu-dua minggu sudah bisa panen. Awalnya kita cuma jual mentah jamur tiram itu ke pasar, tapi berjalannya waktu karena ikut pelatihan-pelatihan, terpikirkan untuk mengolahnya seperti ini,” terangnya.

Meski sempat tersendat dengan desain kemasannya, namun usaha itu tetap berlanjut. Rebranding kemasan menjadi modal penting jajanan itu bisa melejit dan merebut hati pasaran.

Bahkan, camilan renyah itu telah menjangkau pemasaran hingga ke Madiun dan Semarang. Pemasaran di BozzFood Bogor juga tergolong paling tinggi diantara yang lainnya.

Pandemi ini sebenarnya ikut berimbas pada kondiamsi usaha kulinernya itu. Akan tetapi ia mencoba mencari celahnya. Tak tanggung-tanggung, Agnia menyiapkan produk baru berupa kaldu jamur dan kerupuk jamur.

“Yang terpenting harus open minded sih. Dalam artian mencoba diversifikasi produk. Pandemi seperti ini seharusnya mendorong kita (para pelaku usaha) untuk membuka wawasan seluas-luasnya. Jangan hanya terpatok dengan satu produk,” pungkasnya. (mam)