25 radar bogor

Ikutan Yuk, Mendikbud Gelar Kompetisi Sains Nasional Secara Virtual

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Asep Sukmayadi. Foto/Dok/Humas Kemendikbud
Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Asep Sukmayadi. Foto/Dok/Humas Kemendikbud

JAKARTA-RADAR BOGOR, Meski di tengah pandemi namun Kemendikbudtetap menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat pendidikan dasar secara virtual.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Asep Sukmayadi mengatakan, meski tantangan yang dihadapi peserta beragam, dia mengapresiasi para orang tua dan guru yang telah mendukung dan membangun semangat para siswa untuk tetap membangun eksistensi diri anak-anak melalui aktivitas positif seperti mengikuti kompetisi dan lomba.

Asep berkeyakinan, bahwa kegiatan sains memiliki peran yang sangat besar di masa pandemi. Sains menurutnya bisa membangun energi positif dan rasa bahagia yang akan membuat seseorang lebih optimis untuk melewati ujian dan rasa sakit, serta dapat membentuk sikap waspada namun tidak mudah curiga, dan saling menjaga.

Selain itu juga mengajak semua pihak menyadari adanya hikmah di balik setiap kesulitan yang dihadapi.
Perkembangan zaman membuat talenta peserta didik meningkat kian pesat.

Melalui penyelenggaraan Kompetisi Sains Nasional, para peserta didik diharapkan mampu menjadikan kompetisi ini sebagai daya dorong yang membentuk karakter siswa berprestasi, jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air.

“Tetap berprestasi dari rumah, jujur itu juara, semangat menolak menyerah,” katanya saat membuka KSN jenjang pendidikan dasar yang berlangsung semi dalam jaringan (daring) melalui siaran pers, Selasa (3/11/2020) melansir Sindo News. (*/ran)