25 radar bogor

Akibat Covid-19, Ketidakpastian Ekonomi Masih Berlanjut Hingga Tahun Depan

Menkeu, Sri Mulyani.
Menkeu, Sri Mulyani.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati kembali mengatakan perekonomian Indonesia masih dibayangi oleh ketidakpastian hingga 2021. Sebab, wabah pandemi Covid-19 diperkirakan masih akan berlanjut hingga tahun depan.

Menurutnya, meskipun ada sekitar 24 jenis vaksin yang tengah dikembangkan, namun prosesnya masih panjang. Hal itu mengingat produk tersebut harus mendapat persetujuan dari badan internasional seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum diedarkan. “Tahun 2021 kita masih akan menghadapi pandemi meskipun mungkin pengobatan vaksinnya sudah mulai muncul,” ujarnya secata virtual, Rabu (4/11).

Sri Mulyani menuturkan, proses vaksinasi baru dapat dilakukan usai vaksin lolos uji keamanan dan keandalan dari berbagai lembaga. Sri Mulyani memperkirakan, dengan kondisi demikian, maka ketidakpastian ekonomi masih akan berlanjut pada tahun depan.

“Karena ternyata sampai akhir tahun walau ada upaya penemuan vaksin, itu tidak akan terjadi secara serentak dan cepat pada awal 2021,” jelasnya.

Selain masalah vaksin, Sri Mulyani menambahkan, Indonesia juga masih dihantui oleh gelombang kedua penyebaran Covid-19. “Jadi, kita jangan underestimate. Tantangan ini masih harus kita hadapi dan kelola sama-sama,” pungkasnya.(jpc)