25 radar bogor

Tingkatkan Kualitas Layanan ABK, Disdik Gelar Pelatihan Inklusi

Pelatihan Inklusi Disdik Kabupaten Bogor.
Pelatihan Inklusi Disdik Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Guna merealisasikan program Pancakarsa Bogor Cerdas dalam menyediakan layanan pendidikan inklusif bagi seluruh masyarakat daerah.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan workshop di salah satu hotel di Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung, akhir bulan kemarin.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Disdik Kabupaten Bogor, Agus Suhendi menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan pihaknya dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan inklusif daerah.

“Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, dengan melibatkan 40 Koordinator Layanan Satuan Pendidikan (Koryandik), 40 Pengawas SD, dan 40 Kepala SD dari tiap perwakilan kecamatan,” jelasnya.

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik Kabupaten Bogor, Nurjanah memaparkan, adapun materi yang dibahas meliputi, pengertian pola pendidikan inklusif, perancangan program dalam satuan pendidikan, supervisi kelembagaan, hingga Rencana Tindak Lanjut (RTL).

“Dalam teknisnya Kepala Sekolah berfungsi sebagai manajerial program di tingkat lembaga, nantinya diterusakan kepada guru untuk melakukan pengimpelentasian program dalam lingkup ruang kelas, hingga nantinya pengawas akan melakukan pembinaan serta evaluasi penerapan di satuan pendidikan,” paparnya.