25 radar bogor

Ini Ramalan Nasib Milenial kata Mendikbud

Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim.
Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan banyak pihak yang selalu bertanya mengenai masa depan kepadanya.

Tidak lain karena sebelum menjadi seorang menteri, ia bekerja di bidang teknologi.

Namun, setiap pertanyaan itu menghampirinya, ia akan menegaskan bahwa tidak ada yang bisa memprediksi dengan tepat seperti apa masa depan nanti.

“Karena satu-satunya yang pasti mengenai masa depan adalah ketidakpastian mengenai masa depan kita. Jadi banyak yang tanya saya, karena sebelum saya jadi Menteri, saya di teknologi, selalu menanyakan bagaimana masa depan? jawaban saya selalu bilang, kita nggak bisa memprediksi apa yang akan terjadi secara akurat,” ujarnya di webinar LPDP, Senin (2/11/2020) mengutip CNBC.

Namun, ia menilai masa depan bisa diantisipasi dengan kemampuan mengikuti perubahan zaman yang serba cepat. Perubahan yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi yang akan ikut merestrukturisasi perekonomian dan sosial budaya Indonesia.

Oleh karenanya, salah satu langkah yang menurutnya harus dilakukan agar tidak tertinggal di masa depan adalah dengan belajar. Sebab, apa yang dipelajari hari ini kemungkinan besar tidak akan relevan lagi masa depan sehingga belajar setiap hari menjadi satu keharusan.