25 radar bogor

Pandemi Covid-19 di Indonesia Diperkirakan Baru Bisa Berakhir Pada 2022

Ilustrasi Kasus Covid-19
Ilustrasi Kasus Covid-19
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla memperkirakan pandemi Covid-19 di Indonesia baru bisa berakhir pada 2022. Ada beberapa faktor yang menjadi dasar atas perkiraannya tersebut.

”Butuh waktu hingga 2022 bagi Indonesia untuk benar-benar pulih dari pandemi Covid-19,” kata Jusuf Kalla seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, yang menjadi faktor bahwa Indonesia baru bisa pulih dari pandemi pada 2022 mendatang yakni ketersediaan vaksin yang baru bisa terpenuhi pertengahan 2021.

Dibutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk melakukan vaksinasi yang paling tidak kepada 70 persen dari jumlah populasi di Indonesia.

Selain itu, kata Jusuf Kalla, negara produsen vaksin seperti Tiongkok, Inggris, dan Amerika, akan mengutamakan kebutuhan dalam negeri sebelum mengirimkan ke negara lain termasuk Indonesia.

”Yang bisa menyelesaikan pandemi ini hanya vaksin. Bahkan informasinya pemeriksaan klinis vaksin baru keluar antara Januari hingga Februari 2021 dan mulai produksi pada Maret,” ujar Jusuf Kalla.