25 radar bogor

Mau ke Puncak? Siap-Siap Rapid, Ya! Pemkab Bogor Sebar 3.000 Alat Rapid Untuk Batasi Wisatawan

Rapid test di Kabupaten Bogor. Foto: Hendi/Radar Bogor
Rapid test di Kabupaten Bogor. Foto: Hendi/Radar Bogor

CISARUA-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali melakukan pembatasan jumlah kunjungan wisatawan yang hendak menuju kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada libur panjang cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad.

Yaitu dengan menempatkan petugas untuk melakukan rapid test.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor, Dedi Syarif mengatakan, pemerintah menyiapkan 1.000 alat rapid test yang sengaja ditempatkan untuk menyaring kunjungan menuju kawasan Puncak di massa Pembatasan Sosial Bersakala Besar Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (PSBB PRa AKB).

Dari total 1.000 alat rapid test, 400 disebar di Simpang Gadog sebelum menuju Puncak, 200 di Kecamatan Megamendung, dan 300 rapid test di Telaga Warna Puncak.

“Sebenarnya kalau pemeriksaan di tempat wisata tidak hanya hari libur, hari biasa pun selalu reguler periksa karyawan hotel, pengunjung,” kata Dedie, Kamis (29/10/2020).

Sedangkan 2.000 rapid test disiapkan untuk pemeriksaan Jumat (30/10/2020). Hal itu berdasarkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), sebagai upaya mengantisipasi persebaran Covid-19 pada wisatawan yang hendak kembali ke rumahnya.

“2.000 sisanya besok lusa. Itu antisipasi yang pulang juga,” tukasnya.(ded)