25 radar bogor

Punya Ciri Khas, Bisnis Ikan Asin Bisa Datangkan Omset Hingga Jutaan

Titik Rahmawati membuat produk ikan asin jambrong yang dikemas dengan modern, yaitu Pawon Eboo.
Titik Rahmawati membuat produk ikan asin jambrong yang dikemas dengan modern, yaitu Pawon Eboo.

BOGOR-RADAR BOGOR, Terinspirasi dari menu keluarga, Titik Rahmawati akhirnya membuat sebuah produk ikan asin jambrong yang dikemas dengan modern, yaitu Pawon Eboo.

Berbeda dengan yang lain, ikan asin jambrong yang satu ini ditambahkan daun jeruk agar menjadi ciri khas produk Pawon Eboo. Ada dua varian rasa, yaitu original dan pedas.

Dengan kisaran harga dari Rp10 ribu untuk 35 gr sampai Rp20 ribu untuk kemasan 100 gr. Dengan modal awal Rp500 ribu dan dibantu dua karyawan, dalam sehari Titik bisa memproduksi 10 kg ikan asin jambrong. Namun, karena adanya pandemi pesanan menjadi menurun.

“Pendapatan perbulan sebelum pandemi bisa sampai Rp7 juta hingga Rp10 juta. Setelah adanya pandemi hanya sekitar Rp5 juta hingga Rp7 juta,” ujar Titik Rahmawati.

Hingga saat ini, penjualan Pawon Eboo sudah mencapai berbagai kota, seperti Palembang hingga Kupang. Ketahanannya pun bisa mencapai enam bulan sampai setahun, karena menggunakan spinner tanpa bahan pengawet. Bahan utamanya dari distributor langsung di Pasar Bogor.

Ia mengaku dalam proses pembuatan cukup kesulitan dalam mencari bahan tambahan daun jeruk. Karena hanya membeli di sekitaran rumah saja.

“Saya sengaja ngambil daun jeruk itu dari penduduk sekitar, karena ingin memberdayakan penduduk sekitar juga supaya ada penghasilan juga” sautnya.

Untuk rencana kedepannya ia ingin mempunyai pabrik khusus olahan ikan dan memberdayakan ibu-ibu yang ada disekitaran rumah. Untuk order dapat menghubungi instagram @pawoneboo atau melalui whatsapp 0812-1036-0926. (mg1/mg2/mg3)