25 radar bogor

Dimasa Pandemi, BPJS Kesehatan Optimalkan Pelayanan Online

Gathering online via Zoom Meeting di Kantor Cabang Bogor.
Gathering online via Zoom Meeting di Kantor Cabang Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, BPJS Kesehatan punya peranan penting dalam membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, kemudahan hingga manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) itu terus disosialisasikan.

Salah satunya, dengan menggelar Media Workshop dan Anugerah Lombah Karya Jurnalistik secara nasional. Gathering online via Zoom Meeting itu diikuti semua Kantor Cabang BPJS Kesehatan seluruh Indonesia selama dua hari pada Kamis-Jumat (22-23/10/2020).

BPJS Kesehatan mengundang awak media yang ada di daerah-daerah. Seperti yang berlangsung di Kantor Cabang Cibinong dan Bogor. BPJS Kesehatan menggandeng para pembicara tingkat nasional.

Gathering online via Zoom Meeting diikuti Kantor Cabang Cibinong.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari menyampaikan, berbagai kemudahan sudah bisa dirasakan melalui pelayanan kesehatan. Pihaknya pun berupaya agar proses pelayanan untuk BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online.

“Kita sedang mengurangi pelayanan tatap muka di tengah pandemi. Jadi, ada kenaikan orang-orang yang memanfaatkan aplikasi mobile JKN selama pandemi. Itu membuktikan ternyata kita bisa memanfaatkan aplikasi mobile itu secara optimal,” tuturnya melalui Zoom, Jumat (23/10).

Kemudahan itu ingin diteruskannya kepada masyarakat secara luas. Pasalnya, tak bisa dipungkiri, sebagian masyarakat masih belum memanfaatkannya. Padahal, ada banyak fitur di dalamnya yang memudahkan urusan BPJS Kesehatan masyarakat.

“Dengan adanya pandemi ini memaksa pergeseran pemanfaatnan pelayanan. Ini mendorong agar pelayanan non kantoe bisa dioptimalkan. Bahkan, begitu juga dengan permintaan informasi, kami bersyukur kanal yang kami siapkan sudah meningkat, dimanfaatkan seluruh peserta BPJS,” tuturnya.

Workshop online tersebut juga disertai dengan pengumuman Lomba Anugrah Jurnalistik BPJS Kesehatan. Juara dari masing-masing kategori media diumumkan melalui zoom meeting.(mam)