25 radar bogor

Protes untuk Pemerintah, Menggugat Ketidakadilan Lewat Gerakan Pasar Gratis Bogor

Gerakan Pasar Gratis Bogor.
Gerakan Pasar Gratis Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Jual beli biasanya menjadi transaksi umum di pasar. Akan tetapi, sejumlah anak muda di Kota Bogor membalikkan kebiasaaan itu melalui gerakan Pasar Gratis Bogor.

Seorang ibu memilih beberapa lembar pakaian. Matanya nyalang ke tumpukan baju di depannya. Diangkatnya beberapa lembar dan direntangkan lebar-lebar. Ia memperkirakan sebentar ukuran pakaian itu. Jika tak cocok, tangannya akan kembali menggali tumpukan yang lainnya.

Perempuan paruh baya itu tak sendirian. Beberapa orang di sebelahnya juga berlomba-lomba mencari baju atau celana yang pas di badan. Semua barang di atas permukaan spanduk bekas itu bebas diambil siapa saja.

Istimewanya karena tak perlu merogoh kocek. Pun, tak perlu basa-basi. “Semuanya gratis, gratis. Ayo dipilih, gratis, gratis!” riuh suara beberapa anak muda menyemarakkan momen itu.

Anak-anak kecil jauh lebih agresif memilih baju. Mereka selalu meramaikan lapakan baju itu hingga selesai. Tangan-tangan mungil itu justru meraih lebih banyak pakaian dibanding yang bisa digenggam oleh mereka.

Gerakan Pasar Gratis Bogor.

Tujuannya cuma satu, menemukan pakaian yang pas di badan. Barangkali, memamerkan kepada kerabat dan teman-teman menjari bonus tersendiri bagi mereka. “Terima kasih banyak. Ternyata, masih ada yang memperhatikan orang kecil seperti kami,” ucap ibu-ibu paruh baya itu.