25 radar bogor

Naskah dan Tema Khutbah Jumat untuk Khatib Seluruh Indonesia Dipasok Kemenag

Suasana Salat Jumat di Masjid At Taqwa Jero Empang, Jumat (29/5/2020).
Suasana Salat Jumat di Masjid At Taqwa Jero Empang, Jumat (29/5/2020).

Nanti naskah khotbah tersebut dapat diunduh dan digandakan melalui laman http://simbi.kemenag.go.id. Naskah itu bisa digunakan masyarakat secara gratis.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Mohammad Bukhori Muslim belum mendengar rencana pembuatan naskah khotbah oleh Kemenag. Dia juga memastikan bahwa pihaknya belum diajak bicara.

”Saya rasa penting mengajak ormas ya. Sebab, Indonesia ini kan bermacam-macam. Jadi, intinya diajak (berembuk, Red),” jelasnya Rabu (21/10/2020).

Bukhori menggarisbawahi, persoalan dan dinamika masyarakat Indonesia amat beragam. Tidak bisa dipukul rata dengan tema-tema tertentu dalam khotbah. Harus disesuaikan dengan kearifan di daerah masing-masing.

LDNU, kata Bukhori, memiliki banyak koleksi teks khotbah dari seluruh kiai dan ulama di Indonesia. Baik panjang maupun pendek dengan berbagai tema. LDNU juga memfasilitasi percetakan buku-buku khotbah untuk dibacakan di masjid-masjid desa dan pelosok.

”Biasanya untuk dipakai orang-orang kampung. Ya, kami cetakkan. Temanya banyak dan beragam. Ada soal kesejahteraan, akhlak, dan sebagainya,” ungkap Bukhori.