Beranda Bogor Raya Hasil Proyek TJSL Perusahaan di Kabupaten Bogor Diserahkan

Hasil Proyek TJSL Perusahaan di Kabupaten Bogor Diserahkan

Wakil Ketua TF TJSL, Yusfitriadi melakukan Serah Terima Hasil Proyek TJSL Perusahaan di Kabupaten Bogor di Pendopo Bupati Bogor, Kamis (22/10/2020).

BOGOR–RADAR BOGOR, Wakil Ketua TF TJSL, Yusfitriadi melakukan Serah Terima Hasil Proyek TJSL Perusahaan di Kabupaten Bogor di Pendopo Bupati Bogor, Kamis (22/10/2020).

“Pertama mari kita panjatkan Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas izinnya, kita bersama dapat hadir di Pendopo Bupati ini dalam rangka Serah Terima Hasil Proyek TJSL dari beberapa perusahaan di Kabupaten Bogor yang telah rampung dan perlu diserah-terimakan pada Pemerintah Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Yusfitriadi mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa sesuai dengan SK Bupati Nomor 978.5/116/Kpts/PerUU/2019 tentang Pembentukan TF-TJSL Perusahaan di Kabupaten Bogor tanggal 25 Februari 2019, maka Tim Fasilitasi TJSL (TF TJSL) telah melakukan tugasnya untuk mengkoordinasikan, menyinergikan, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi serta melaporkan kegiatan-kegiatan proyek yang mendukung program pembangunan Pancakarsa Pemda Kabupaten Bogor, yang didanai oleh dana TJSL Perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bogor.

radarbogor universitas terbuka

Beberapa proyek yang didanai Dana TJSL Perusahaan tersebut hari ini akan diserahterimakan yaitu :

1. Pembangunan badan Jalan Lingkar LIPI, di Kampung Sampora Cibinong, sepanjang 1.8 KM lebar 8 M dari Dana TJSL PT Samudera Bangun Raya sebesar l.k Rp1.425.000.000.

2. Bantuan 2 (dua) Kendaraan yaitu BUS Sekolah dan Mobil Pelayanan Kesehatan dari Dana TJSL PT Gunung Suwarna Abadi (Summarecon Group) sebesar l.k Rp1.500.000.000.-

3. Pekerjaan Perbaikan/Renovasi Kelas Sekolah SDN1 Lebak Wangi dan Pembuatan Sarana-Prasarana tembok, saluran, pagar Sekolah SMPN 2 Cigudeg, dari Dana TJSL PT Sudamanik sebesar l.k Rp335.510,288.-

bozzfoods

Menurut Yusfitriadi, beberapa proyek hasil dana TJSL perusahaan-perusahaan yang juga telah rampung dan diserahterimakan beberapa waktu lalu sesuai pemanfaatannya, yaitu

1. Bantuan Pipa dan kelengkapannya, dari Dana TJSL PT Rusli Vinilon, diserahkan langsung pada Dinas PUPR tanggal 28 Juli 2020.

2. Bantuan untuk mendukung proyek Bersih dan Indah (bantuan Tong Sampah, pembuatan biopori), dari Dana TJSL 2 (dua) perusahaan secara kolaborasi, tahap awal telah dilakukan pada tanggal 30 Januari 2020 oleh PT Nipress Otomotif Energi dan PT Darya Varia Laboratoria Tbk.

3. Dukungan pada bulan bakti Pancakarsa tahun 2019, berupa bahan semen sebanyak 20.840 zak, dari Dana TJSL PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan PT Solusi Bangun Indonesia).

4. Pembangunan Taman Pancakarsa yang telah selesai tanggal 28 Agustus 2020 dan saat ini memasuki masa perawatan dan pemeliharaan), dari Dana TJSL PT BJB Cibinong.

5. Dukungan pada kegiatan upaya penanggulangan dampak Covid-19 diserahkan melalui Gugus Tugas Covid19 Kabupaten Bogor pada tanggal 4 Mei 2020 dari Dana TJSL (PT Sirkuitindo Utama, PT Adhi Commuter Properti, PT Jayapak Sinar Abadi, PT Darya Varia Laboratoria, PT Elang Perdana Tyre Industry, PT Aspek Kumbong dan PT Sierad Produce dan Perusahaan-Perusahaan lainnya Anggota DPK Apindo Kabupaten Bogor).

Beberapa kegiatan TJSL Perusahaan di Kabupaten Bogor yang sedang dalam proses pengerjaan saat ini adalah :

1. Pembangunan Hutan Kota di wilayah Stadion Pakansari dengan tanaman ecaliptus seluas 1,8 Ha, dari Dana TJSL Yayasan Korindo, saat ini memasuki masa pemeliharaan di tahun kedua

2. Bantuan peralatan Toilet untuk Sekolah-Sekolah di Kabupaten Bogor, dari Dana TJSL PT SATO/Part Lixil (PT American Standard Group) saat ini dalam proses pengiriman barang ke TJSL.

Adapun beberapa rencana proyek yang akan dikerjakan oleh TF TJSL dan masih membutuhkan konfirmasi dan koordinasi teknis dengan beberapa SKPD dan perusahaan Pelaku TJSL adalah :

1. Penataan Tugu dan Taman Tegar Beriman (Lawang Kori) di Cibinong.

2. Pembangunan Tugu dan Taman Pancakarsa di Simpang Sentul Sirkuit.

3. Pembangunan Tugu dan Taman Pakansari di perempatan Kandang Roda.

4. Beberapa pembangunan sarana prasarana/infra struktur Sekolah dan lain-lain.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada dasarnya TF TJSL memfasilitasi pembangunan fisik mapun non fisik berdasarkan rekomendasi Bupati Bogor melalui Bappedalitbang dan terbatas pada pembangunan proyek yang tidak menggunakan Dana APBD, namun TF TJSL juga memberikan apresiasi pada perusahaan-perusahaan pelaku TJSL yang secara spontan menyampaikan keinginannya untuk berkontribusi melalui Dana TJSL Perusahaan sesuai kemampuan dan kebutuhan diwilayah dimana Perusahaan berusaha.

Yusfitriadi menambahkan, realisasi beberapa proyek yang ditangani TF TJSL sempat tertunda dengan adanya PSBB menghadapi pandemic covid-19 dan secara perlahan mulai berlanjut lagi.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya tentu kami sampaikan pada perusahaan-perusahaan yang telah berkontribusi dalam pembangunan Pancakarsa, khususnya pada Perusahaan PT Samudera Bangun Raya, PT Gunung Swarna Abadi dan PT Sudamanik yang telah menyelesaikan pembangunan proyek Dana TJSL yang dikerjakan sendiri dan hari ini akan di serah terimakan pada Ibu Bupati Bogor yang selanjutnya dikelola dan menjadi tanggung jawab dari Dinas terkait,” pungkasnya. (*/pin)