25 radar bogor

Hati-hati! Cuaca Ekstrem di Bogor Sepekan ke Depan. Jakarta Siap-siap Banjir!

Ilustrasi-Cuaca
Ilustrasi Cuaca
Ilustrasi-Cuaca
Ilustrasi Cuaca

CISARUA-RADAR BOGOR, Warga Kota dan Kabupaten Bogor diminta bersiap diri. Pasalnya sepekan kedepan cuaca ekstrem bakal melanda.

Khusunya di wilayah selatan Kabupaten Bogor, seperti Kawasan Puncak. Hal itu juga dapat memicu banjir di Ibu Kota Jakarta.

Ya, dalam kurun seminggu ke depan, wilayah Kabupaten dan Kota Bogor secara umum diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Khusus wilayah kabupaten bagian Selatan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai angin kencang dan petir,” ujar kepala Stasiun Meteorologi Citeko – Bogor, Asep Firman Ilahi kepada radarbogor.id Rabu (21/10/2020).

Selain itu, potensi kebencanaan yang patut diwaspadai saat ini adalah kejadian Hodrometeorologis diiringi dengan aktifitas tektonik. Dimana, aktifitas tektonik dengan kegempaan di bawah 5 Skala Richter (SR) berpotensi membuat rekahan pada tebing-tebing pegunungan.

“Apabila terdapat kejadian hujan ekstrim di hulu sungai, maka potensi tanah longsor dan banjir bandang di daerah sekitar DAS dan daerah hilir menjadi lebih besar,” tuturnya.