25 radar bogor

95 Guru Kabupaten Bogor Dilatih Jadi Agen Penggerak Pendidikan

Pelatihan guru penggerak Disdik Kabupaten Bogor.
Pelatihan guru penggerak Disdik Kabupaten Bogor.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Guna meningkatkan kompetensi pengajaran di daerah, sebanyak puluhan tenaga pendidik di Kabupaten Bogor, mengikuti program pelatihan Guru Penggerak yang diadakan Kemendikbud.

Kepala Bidang Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Ucu Sunarya menjelaskan, program Guru Penggerak berfokus pada pedagogi, serta berpusat pada murid dan pengembangan holistik.

Pelatihan yang menekankan pada kepemimpinan instruksional melalui on-the-job coaching, pendekatan formatif dan berbasis pengembangan, serta kolaboratif dengan pendekatan sekolah menyeluruh.

“Untuk di Kabupaten Bogor sendiri diikuti sebanyak 95 peserta yang terdiri dari guru dan kepala sekolah, serta terseba di empat titik pelaksanaan pelatihan pada Tanggal 13 Oktober lalu,” jelasnya.

Dipaparkannya, terdapat tiga modul pelatihan. paket pertama adalah Paradigma dan Visi Guru Penggerak dengan materi refleksi filosofi pendidikan Indonesia – Ki Hadjar Dewantara, nilai-nilai dan visi Guru Penggerak, dan membangun budaya positif di Sekolah.

Paket kedua adalah Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid dengan materi pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran sosial dan emosional, dan pelatihan (coaching).