25 radar bogor

Satpol PP Kabupaten Bogor Tertibkan Lapak PKL yang Kerap Jualan di Trotoar

Penertiban lapak PKL yang dilakukan Satpol PP Kabupaten Bogor.
Penertiban lapak PKL yang dilakukan Satpol PP Kabupaten Bogor.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Satpol PP Kabupaten Bogor tengah gencar melaksanakan penertiban trotoar di Kabupaten Bogor. Langkah itu ditempuh untuk mengembalikan fungsi trotoar untuk pejalan kaki. Sebab, banyak trotoal yang beralih fungsi menjadi tempat lapak pedagang kaki lima (PKL).

Kasat Pol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridallah mengatakan, setiap pekannya kegiatan rutin melakukan operasi tertib trotoar (OTT) yang dipusatkan di wilayah Cibinong Raya.

“Setiap selasa ada kegiatan OTT, Alhamdulillah walau trotoar memang kondisinya tidak di kota tapi paling tidak mulai terlihat ada space antara jalan dan bangunan,” kata Agus-sapaan-Agus Ridallah usai mengunjungi Sekretariat Pokwan DPRD Kabupaten Bogor, Selasa (20/10/2020).

Agus mengungkapkan, pada pelaksanaan OTT Selasa (20/10/2020), dilakukan di sekitaran wilayah Kecamatan Cibinong tepatnya di Jalan Mayor Oking. Sebelum dibongkar, petugas Satpol PP masih memberikan tenggat waktu satu minggu, jika belum juga dibongkar maka secara otomatis akan dibongkar oleh petugas. “Tadi sambil jalan sambil nertibkan karena pinggir jalan banyak bangunan semi permanen,” katanya.

Menurut dia, penertiban OTT menjadi komitmen dirinya dalam mengembalikan trotoar kembali ke fungsinya. Karena, banyak pedagang kaki lima (PKL) dan bangunan yang kerap posisinya mengganggu trotoar. “Sebagai komitmen kami, memang volume penindakannya belum besar, karena masih mengimbangi penanganan Covid-19,” kata dia.

Agus mengungkapkan, ada tiga prioritas yang menjadi konsentrasi Satpol PP Kabupaten Bogor. Pertama, penanganan Covid-19, program OTT, dan operasi nongol babat (Nobat). “Tiga prioritas itu yang kami konsen lakukan, agar Kabupaten Bogor lebih tertib,” tukasnya.(ded)