Beranda Metropolis Pemkot Bogor Kembali Terima Hibah Rp73 Miliar

Pemkot Bogor Kembali Terima Hibah Rp73 Miliar

ilustrasi uang
ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor lagi – lagi dapat kucuran dana segar. Kali ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yang jadi mesin uang Pemkot. Rp73 miliar bakal masuk ke kas daerah dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim, Jumat (16/10). Alokasi hibah tersebut, kata Dedie, untuk membantu para pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. “Salah satu sektor yang paling terdampak adalah kepariwisataan. Makanya dengan program bantuan ini kita menyambut baik sekali,” beber Dedie.

Hanya saja, peruntukan alokasi hibah bantuan tersebut bakal dipergunakan untuk apa, Dedie belum bisa merinci kegiatan yang akan dilakukan. Ia mengatakan, hal itu tertuang dalam petunjuk teknis (juknis) dari Kemenparekraf.

radarbogor universitas terbuka

“Petunjuk teknisnya saya belum peroleh. Tapi intinya untuk sektor pariwisata khususnya perhotelan dan restoran terdampak Covid-19,” sambung dia.

Diwawancarai terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Atep Budiman mengkonfirmasi bahwa penyaluran dan pengelolaan hibah tersebut tertuang dalam salinan juknis dari Kemenparekraf Nomor : KM/694/PL.07.02/M-K/2020. “Terkait siapa, kenapa, bagaimana dan kapan penyalurannya semua ada diatur di juknis,” katanya.

Ia menambahkan, terkait penyaluran hibah tersebut hanya restoran dan hotel yang akan mendapatkan hibah tersebut. “Sektor pariwisata yang akan memperoleh hibah hanya hotel dan restoran,” tambah Atep. (dka/c)