25 radar bogor

Dalam Situasi Sulit, Valentino Rossi Harus Berjuang Melawan Covid-19

PERSAINGAN: Valentino Rossi bersama rekan setimnya, Maverick Vinales.
Valentino Rossi

Managing Director Yamaha Factory Racing Lin Jarvis menyebut kabar terkait Rossi merupakan pukulan kedua beruntun dalam dua pekan terakhir. Pekan lalu, pimpinan proyek Yamaha di MotoGP Takahiro Sumi dan lima kru balap mereka harus absen pada GP Prancis lantaran salah seorang kru positif Covid-19. ”Kedua insiden tersebut mengingatkan kami bahwa risiko (tertular Covid-19, Red) selalu ada,” sebut Jarvis.

Tanpa Rossi, manajer Tim Monster Yamaha Massimo Meregalli menegaskan, pihaknya tidak berniat untuk mencari pembalap pengganti pada balapan di Aragon pekan ini. Dia baru memikirkan pengganti Rossi saat GP Teruel berlangsung di sirkuit yang sama pekan depan. ”Tetapi, saat ini kami belum bicara dengan siapa pun (pembalap, Red),” terang Meregalli dilansir Motorsport.

Sosok test rider Yamaha Jorge Lorenzo muncul sebagai pilihan andai Rossi harus absen pada balapan ganda di Valencia bulan depan. Namun, melihat penampilan Lorenzo pada tes resmi di Portugal pekan lalu, dia butuh waktu lebih banyak bersama M1 Yamaha. Lorenzo yang mengendarai M1 spesifikasi 2019 terpaut empat detik dari Aleix Espargaro bersama Aprilia.

Meski begitu, Meregalli tidak mau menepiskan keberadaan Lorenzo. Bagaimanapun, dia pernah berjuang bersama Yamaha kala menjadi juara dunia pada 2010, 2012, dan 2015. Pengalaman dan kemampuannya bersama motor Yamaha sudah teruji. ”Jika Valentino (Rossi, Red) tidak bisa tampil di Valencia. Dia (Lorenzo) pasti akan kami pertimbangkan,” paparnya.(jpc)