25 radar bogor

Pemkot Bakal Kerjasamakan Pengolahan Limbah dengan Perusahaan Swasta Jepang

Limbah
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat menerima ajuan pengolahan limbah dari perusahaan swasta asal Jepang, di Balaikota, Jumat (16/10/2020).
Limbah
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat menerima ajuan pengolahan limbah dari perusahaan swasta asal Jepang, di Balaikota, Jumat (16/10/2020).

BOGOR – RADAR BOGOR, Inovasi dalam pengolahan limbah terus digalakan Kota Bogor. Pengolahan limbah yang baik, akan menimbulkan ekosistem yang baik pula.

Hal itu yang dikatakan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat menerima ajuan pengolahan limbah dari perusahaan swasta asal Jepang, di Balaikota, Jumat (16/10/2020).

Menurut Dedie, Kota Bogor sudah memiliki pengalaman dalam pemanfaatan limbah. Yakni limbah pemanfaatan dari minyak jelantah. Dimana saat itu, limbah tersebut dijadikan untuk bahan bakar armada Transpakuan.

“Tapi kelemahannya adalah kelangsungan proses pengelolaannya, yang kalau menurut saya tidak mungkin hanya dilakukan oleh pemerintah. Jadi artinya ini kan sebuah siklus proses produksi, meskipun bahan dasarnya adalah limbah B3 jelantah,” kata Dedie pada radarbogor.id.

Kerjasama dengan perusahaan swasta Jepang itu, kata Dedie, akan kembali didetailkan seperti apa kelansungan proses bisnisnya. Terutama yang perusahaan swasta itu inginkan seperti kepastian pasokan dari limbah minyak jelantahnya itu sendiri.

Kemudian, hal itu akan dimatangkan kembali oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang sudah memiliki modalitas. Yang dimaksud Dedie adalah, DLH sudah memiliki Bank Sampah Berbasis Aparatur atau yang sering mereka sebut Basiba.