25 radar bogor

Banjir Jadi Soal Menahun di Kelurahan Cisarua

Petugas membersihkan saluran air di wilayah RW05 Kelurahan Cisarua, Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan bersih-bersih di sekitar Pasar Cisarua, Kamis (15/10).
Petugas membersihkan saluran air di wilayah RW05 Kelurahan Cisarua, Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan bersih-bersih di sekitar Pasar Cisarua, Kamis (15/10).

CISARUA-RADAR BOGOR, Menindaklanjuti bencana banjir yang kerap kali terjadi di sekitar wilayah RW05 Kelurahan Cisarua, Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan bersih-bersih di sekitar Pasar Cisarua, Kamis (15/10).

Lurah Cisarua Heru Hendrawan menjelaskan kegiatan bersih-bersih ini dilakukan agar persoalan banjir tidak kembali terjadi.

“Karena memang banyak PKL yang mengeluhkan kerap kali terdampak banjir sehingga kami sengaja melakukan bersih-bersih,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin.

Menurutnya, setlah dilakukan pengecekan banjir terjadi disebabkan adanya beberapa selokan air di wilayah tersebut yang tak berfungsi dengan baik.

Belum lagi, lanjutnya, kondisi saluran air terlalu rendah sehingga tak jarang ketika hujan turun air meluap. “Karena air dari arah Cibeureum sana kan mengarah ke kami,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Ekbang Deden Andazhar menambahkan, sebelumnya sempat terdapat sodetan air yang mengarah Pasar Cisarua. Menyikapi hal itu, lanjutnya, pihaknya sepakat akan melakukan pengoptimalan dari sodetan atau saluran air guna mengurangi terjadinya luapan air yang selama ini menjadi persoalan.

“Kami dengan sejumlah pihak memutuskan untuk mengoptimalkan saluran air atau sodetan air di kali Cisarua itu agar mengurangi debit air yang mengarah ke lingkungan RW05,” tukasnya.(reg)