25 radar bogor

Dibiarkan Rusak, Warga Swadaya Tutupi Lubang Jalan Cicangkal-Legok

Warga swadaya perbaiki Jalan
Warga swadaya perbaiki Jalan Cicangkal-Legok. JAENAL/RADAR BOGOR

RUMPIN-RADAR BOGOR, Warga Kampung Cilangkap dan Peusar, Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, gotong royong merapihkan ruas Jalan Cicangkal-Legok sepanjang 2,5 Km dengan swadaya masyarakat.

“Jalan penghubung Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang ini rusak parah, dan saat ini warga inisiatif memperbaiki dengan swadaya,” kata Ketua RT 06 Kampung Cilangkap, Omaludin kepada wartawan.

Ia juga mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu inisiatif warga sekitar. Perusahaan dan pemerintah setempat juga ikut menyumbangkan batu untuk menutup jalan yang berlubang.

“Kalau hujan genangan air seperti kolam ikan, seharusnya dinas terkait cepat tanggap jangan dibiarkan rusak seperti ini,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu warga, Sodik (53) menambahkan, jalan tersebut sudah lama tidak tersentuh perbaikan sejak 1975, ketika perusahaan tambang membuka jalan sebagai jalur distribusi material tambang ke wilayah Tangerang.

“Harapan warga ruas Jalan Cicangkal-Legok diperbaiki tahun 2021, sebagai mana yang sudah dijanjikan Pemerintah Daerah dan DPUPR Kabupaten Bogor,” harapnya.

Sebelumnya upaya sudah warga lakukan untuk bisa mewujudkan Jalan Cicangkal-Legok diperbaiki, dari mulai menyurati Bupati, DPRD, Dinas Pekerjaan Umum (DPUPR) sampai aksi protes turun ke jalan, namun sampai saat ini belum ada respon. (nal)