Beranda Kesehatan Ingin Mental Tetap Terjaga Selama Pandemi, Begini Triknya

Ingin Mental Tetap Terjaga Selama Pandemi, Begini Triknya

Psikiater RS Marzoeki Mahdi, dr. Lahargo Kembaren

BOGOR-RADAR BOGOR, Selama pandemi, masyarakat harus tetap menjaga pikiran dan mentalnya agar terhindar dari gangguan kejiwaan. Lantas, bagaimana caranya?

Psikiater RS Marzoeki Mahdi, dr. Lahargo Kembaren memberikan beberapa tips untuk mencegah terjadinya gangguan mental selama masa pandemi.

Pasalnya, peningkatan kasus terbanyak memang terjadi selama wabah Covid-19. Selain krisis ekonomi, masyarakat dilanda kekhawatiran berlebihan dengan aktivitas sehari-harinya.

radarbogor universitas terbuka

“Tips bagaimana menghadapi kondisi pandemi ini, diantaranya seperti ketika merasa cemas, khawatir, ataupun bingung di tengah kondisi krisis ini sebenarnya adalah hal wajar. Its ok not to be ok, tetapi kalau berlebihan dan berkepanjangan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, cobalah bercerita dulu ke orang-orang terdekat. Itu namanya ventilasi, jadi untuk meluapkan perasaan biar ada salurannya,” paparnya kepada Radar Bogor.

Ia lalu melanjutkan, yakni dengan mengambil jarak dari berita-berita berbahaya yang mengancam. “Lakukan diet media sosial, dengan begitu kita lebih relaks dan lebih santai sehingga punya waktu memikirkan hal lain,” imbuh spesialis kedokteran jiwa ini.

Selain itu, ia menyarankan agar masyarakat tetap rutin menjalankan pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi.