25 radar bogor

Lekas Pinjam, Perpustakaan Digital Karya Mahasiswi IPB University

Nikita Syecilia seorang mahasiswi IPB University menghadirkan platform literasi (perpustakaan) berbasis digital yang diberinama Lekas Pinjam.
Nikita Syecilia seorang mahasiswi IPB University menghadirkan platform literasi (perpustakaan) berbasis digital yang diberinama Lekas Pinjam.

BOGOR – RADAR BOGOR, Berangkat dari permasalahan tingkat literasi di desa-desa daerah Jawa Barat, Nikita Syecilia seorang mahasiswi IPB University menghadirkan platform literasi (perpustakaan) berbasis digital.

Lekas Pinjam, nama platform yang diinisiasi mahasiswi Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarkat ini telah berdiri sejak 3 Oktober 2019 silam. “Dengan ini kami sangat mengharapkan munculnya motivasi dalam diri masyarakat mengenai literasi,” katanya.

Lekas Pinjam merupakan sebuah taman baca sekaligus peminjaman buku daring secara gratis yang berbasis di Bogor. Tujuan platform ini adalah untuk menunjang pendidikan non-formal dan memajukan tingkat literasi di daerah Bogor dan sekitarnya.

“Lekas Pinjam telah menjalankan beberapa kegiatan yang menyangkut di bidang literasi seperti peminjaman buku, lapak baca, pembacaan dongeng, menggambar, dan permainan tradisional,” terang founder Lekas Pinjam itu.

Selain itu, Lekas Pinjam juga berdonasi buku ke desa-desa dan yayasan. Salah satu yang baru-baru ini dilakukan adalah donasi buku ke Yayasan Mi’raj Mulia, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Donasi buku dari para donatur ini dalam rangka merayakan satu tahun didirikannya Lekas Pinjam.

“Kegiatannya berjalan dengan baik, dimulai pukul 11.00 WIB, dibuka dengan pembacaan doa bersama sepuluh anak yatim Yayasan Mi’raj Mulia dengan penerapan physical distancing dan memakai masker. Selanjutnya ada sambutan dari ketua komunitas dan ditutup dengan pembacaan dongeng anak,” tuturnya.