25 radar bogor

90 Persen Pasien Wisma Atlet Tertular saat Makan

Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala BNPB Doni Monardo

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo mengungkapkan 90 persen masyarakat Indonesia menurut survei BPS, sudah disiplin memakai masker di tengah pandemi corona.

Namun, masih ada yang memakainya dengan cara kurang tepat. “Gunakan masker harus sepanjang waktu selama di area publik dengan benar,” kata Doni Monardo dalam jumpa
pers virtual dari BNPB, Jumat (9/10).

Bahkan, menurut Doni, ketika di rumah masyarakat tetap wajib memakai masker jika ada anggota keluarga yang masih bekerja di kantor atau beraktivitas di luar rumah.

“Termasuk di rumah kalau ada anggota keluarga yang sering keluar rumah, yang di rumah harus tetap pakai masker. Karena data 7 persen yang diwawancara di Wisma Atlet mereka enggak ada di luar rumah,” tutur Doni.

Mereka ini, kata Doni, sangat mungkin terpapar dari keluarga yang masih keluar rumah. Selain itu, 90 persen responden pasien Wisma Atlet di survei BPS itu pengguna masker.

“(Memakai masker) Baik medis dan nonmedis, tapi ternyata terpapar. Mereka terpapar saat makan. Jaraknya enggak diatur. Enggak diingatkan pas makan,” kata Doni.

“Waktu makan harusnya diatur jaraknya, dibatasi jumlahnya. Jadi harus tiap saat enggak boleh berhenti,” imbuhnya.(*/ric)