25 radar bogor

3 Skenario Pandemi Berakhir, Jangan Sampai Skenario Terakhir Terjadi

Jenazah terinfeksi Covid-19 yang tengah dimakamkan sesuai protokol penanganan jenazah di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Foto: Dicky Prastya/JPNN.com
Jenazah terinfeksi Covid-19 yang tengah dimakamkan sesuai protokol penanganan jenazah di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Foto: Dicky Prastya/JPNN.com

Yang kedua yakni skenario realistis. McKinsey mengungkap dalam skenario ini puncak pandemi diprediksi akan terjadi pada kuartal 3-4 2021, dengan syarat, vaksin harus sudah didistribusikan pada kuartal 1 tahun 2021.

Hal tersebut bisa menciptakan kondisi di mana kurva pandemi perlahan melandai hingga awal 2023.

“Berdasarkan pembacaan kami tentang keadaan variabel saat ini dan kemungkinan kemajuannya dalam beberapa bulan mendatang, kami memperkirakan bahwa waktu yang paling mungkin bagi Amerika Serikat untuk mencapai herd immunity adalah kuartal ketiga atau keempat tahun 2021,” kata McKinsey dalam laporan mereka melansir Kumparan.

Skenario ini didasari pada kemungkinan disetujuinya satu atau lebih vaksin corona di AS pada akhir 2020 atau awal 2021.

Setelah disetujui, vaksin perlu didistribusikan kepada publik dalam proporsi yang mencukupi agar bisa tercipta herd immunity, yang diperkirakan bakal memakan waktu hingga enam bulan.

Untuk mendistribusikan vaksin itu sendiri membutuhkan ketersediaan cepat ratusan juta dosis, rantai pasokan vaksin yang lancar, dan kesediaan masyarakat untuk divaksinasi selama paruh pertama tahun 2021.