25 radar bogor

Awasi Penanganan Covid-19 Bodebek, Ridwan Kamil Akan Berkantor di Depok Pekan Ini

Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Di Kota Depok, urgensi terkait ketersediaan ICU (Intensive Care Unit) dan HCU (High Care Unit) sebagai ruang perawatan pasien Covid-19 kriteria berat.

Untuk itu, lanjut Ridwan, penanganan Covid-19 khususnya di Kota Depok perlu lebih ditingkatkan, terutama dari sisi ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan.

”Secara umum memang dari seluruh 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, dari sebelas rumah sakit tersibuk yang mengurus (kasus) Covid-19 itu sembilan ada di Bodebek. Depok ini paling kritis dari catatan statistik kami sudah di atas 80 persen,” ujar Ridwan Kamil.

Gubernur mengatakan, perlu dibentuk tim khusus untuk menangani Covid-19 di Bodebek. Selain itu, dia mengusulkan kebijakan subsidi silang khusus di wilayah Bodebek bagi warga yang perlu dirawat karena Covid-19.

”Kami sudah koordinasikan untuk Bodebek ini ingin (ada) satu tim yang kokoh dan kompak. Jadi, nanti ada subsidi silang. Kalau rumah sakit di Depok penuh, nanti warga Depok boleh dirawat di Bogor atau sebaliknya. Saat ini sedang kami kondisikan,” kata Ridwan Kamil.

Dalam arahannya, Menko Luhut Binsar Pandjaitan meminta Ridwan Kamil membentuk tim khusus untuk memverifikasi klaim biaya perawatan pasien Covid-19 dari rumah sakit di Jabar dengan bantuan BPJS Kesehatan.