25 radar bogor

Kasus Penularan Covid-19 Masih Tinggi, Polri Tak Beri Izin Liga 1

Ilustrasi Liga 1
Ilustrasi Liga 1
Ilustrasi Liga 1
Ilustrasi Liga 1

Tanda-tanda tak keluarnya izin itu terlihat beberapa jam sebelumnya di tengah webinar, Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi tiba-tiba pamit. Dia beralasan ada rapat mendadak dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali.

Di webinar yang berlangsung kemarin itu, juga ada Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita.

’’Mohon maaf, ini sampai jam berapa diskusinya? Soalnya saya ada rapat bersama Ketum PSSI, direktur LIB, dan Pak Menpora,’’ ungkapnya. ’’Liga 1 sedang siaga 1, saya mohon pamit dulu karena ini sangat penting,’’ lanjutnya.

Sebelumnya, Jawa Pos mendapat kabar dari sebuah sumber internal di PSSI bahwa Liga 1 yang rencananya diputar lagi per 1 Oktober mungkin tak mendapatkan izin dari Kapolri Jenderal Idham Azis. Dan, panggilan rapat mendadak dan narasi ’’Liga 1 sedang siaga” yang disampaikan Yunus itu seperti menguatkan dugaan tersebut.

Namun, ketika dikonfirmasi terpisah, Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto mengaku malah tidak tahu adanya pertemuan dengan PT LIB dan PSSI terkait kelanjutan Liga 1. ’’Oh, malah tidak tahu (ada pertemuan),’’ ujarnya.

Rencana lanjutan Liga 1 musim ini memang memantik kontroversi. Sebab, kompetisi dihelat saat pandemi Covid-19 di tanah air belum terkendali. Meski, PT LIB selaku operator sudah menerapkan sejumlah protokol kesehatan.