25 radar bogor

Cair Bulan Ini, 7.720 UMKM di Kota Bogor Diguyur Bantuan Rp18,5 Miliar

UMKM
Salah satu UMKM di Kota Bogor. Bantuan untuk UMKM tahap pertama mulai dicairkan pemerintah, akhir September ini. Sofyansyah/Radar Bogor
UMKM
Salah satu UMKM di Kota Bogor. Bantuan untuk UMKM tahap pertama mulai dicairkan pemerintah, akhir September ini. Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR – RADAR BOGOR, Sebanyak 7.720 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bogor mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Total Rp18,5 miliar bakal cair bulan ini.

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi, R Medi Sandora menjelaskan, total itu merupakan yang disetujui dan diverifikasi Kementerian Koperasi (Kemenkop).

Sementara pemerintah kota (pemkot) Bogor sebenarnya mengajukan 10.119 UMKM. Mereka merupakan para pelaku usaha yang mendaftarkan diri untuk bantuan Rp2,4 juta pada tahap pertama.

“Sebenarnya ada empat tahap kemarin pendaftaran. Totalnya malah sampai 29 ribu pelaku UMKM yang mendaftarkan diri di empat tahap itu. Padahal, di database kita (Dinas Koperasi), hanya 22 ribu UMKM. Jumlah yang membeludak itu artinya memang masih banyak UMKM di Kota Bogor,” terang Medi ketika dikonfirmasi Radar Bogor, Senin (28/9/2020).

Ia melanjutkan, pendaftaran tahap kedua merangkum hingga 5.237 UMKM. Jumlah yang lebih banyak lagi tercatat pada pendaftaran tahap ketiga karena tembus angka 13.229 UMKM. Sedangkan, tahap keempat hingga batas akhir pendaftaran hanya menyisakan 1.257 UMKM di Kota Bogor.

Menurut Medi, pencairan dana bantuan tersebut langsung masuk ke rekening pelaku usaha masing-masing. Ia memperkirakan pencairan itu merupakan dari pendaftaran tahap pertama.