Beranda corona Peringatan! Covid-19 Rentan Menyerang Orang Gemuk

Peringatan! Covid-19 Rentan Menyerang Orang Gemuk

Ilustrasi. Foto: Health

SURABAYA-RADAR BOGOR, Orang yang kelebihan berat badan alias gemuk sudah waktunya untuk waspada terhadap covid-19.

Sebab, berdasar dari kajian, orang gemuk memiliki peradangan kronis di dalam tubuhnya sehingga, sangat berbahaya ketika terpapar Covid-19.

“Jadi orang gemuk ada peradangan kronis, kalau ini ditambah virus peradangannya akan bertambah dan berbahaya,” ungkap Koordinator Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Dr. Joni Wahyuhadi.

radarbogor universitas terbuka

Apabila melihat data yang dihimpun dari berbagai kasus yang ada, Joni mengatakan, angka kematian tertinggi saat ini karena faktor penyakit penyerta (komorbid) yang diderita oleh pasien yang sudah ada sejak sebelum Covid-19.

Total 91,9 persen pasien meninggal di Jatim akibat komorbid, sementara sisanya 8,1 persen karena virus corona dari total angka kematian.

Dia memerinci, dari total 91,9 persen kasus positif dengan penyakit terbanyak adalah diabetes dengan presentase 10,9 persen, lalu hipertensi sebanyak 10,6 persen, kemudian jantung dengan 6,1 persen, hamil 2 persen, keganasan 1,8 persen, TBC 1,5 persen, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK/peradangan paru) 1,4 persen, ginjal 0,8 persen, hati 0,8 persen, asma 0,7 persen, dan gangguan imunologi 0,4 persen.