25 radar bogor

Gempa Tektonik M 4,2 Guncang Pangandaran, Begini Analisa BMKG

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi
Gempa Megathrust Mentawai
Ilustrasi Gempa

PANGANDARAN-RADAR BOGOR, Gempa tektonik mengguncang Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya, sekitar pukul 10:49 WIB, Senin (28/9/2020).

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 4.2. Episenter terletak pada koordinat 8.27 LS dan 108.23 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 69.53 km Barat Daya Kabupaten Pangandara pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” pungkasnya.

Hingga pukul 11:06 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya. (ysp)