Beranda Bogor Raya Warga Jonggol Masih Krisis Air Bersih

Warga Jonggol Masih Krisis Air Bersih

Ilustrasi: Polres Bogor memberikan bantuan air bersih bagi warga Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol, Selasa 1/09/2020).

JONGGOL–RADAR BOGOR, Meski telah memasuki musim hujan, sejumlah sumur milik warga Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, masih mengalami kekeringan. Rencana pembuatan embung, untuk mengantisipasi kekeringan pun terkendala lahan.

Kepala Desa Jonggol, Yopi Mohamad Safri mengatakan, warga masih krisis air bersih untuk kebutuhan hidup seharihari. “Di beberapa wilayah debit airnya belum muncul meskipun belakangan ini sudah turun hujan,” ungkapnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Dari 11 RW yang ada di desanya, sambung kades, wilayah terparah berada di RW 5 Kampung Babakan Alimah. Menurut dia, di wilayah tetangga yakni Desa Sukasirna terdapat Bendungan Jatinunggal, namun pasokan airnya tak mampu memenuhi kebutuhan seluruh warga.

radarbogor universitas terbuka

Dalam waktu dekat, pihaknya bakal mengajukan pembangunan sumur bor artesis ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sehingga, kapasitas untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari warga di musim kering dapat ter penuhi.

“Kami akan ajukan. Kami berharap pemerintah juga dapat lebih banyak memberikan ban tuan hingga musim kemarau ini berakhir,” tukasnya. (rp1/c)