25 radar bogor

Musim Hujan Diprediksi Lebih Cepat, Semua Kepala Daerah di Jabar Diminta Siaga Satu

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil

BOGOR-RADAR BOGOR, Gubernur Ridwan Kamil meminta seluruh kepala daerah di Jawa Barat untuk siaga 1. Musim hujan tahun ini diprediksi datang lebih cepat dibanding biasanya.

Seluruh kepala daerah di Jawa Barat diimbau untuk mengecek kondisi daerahnya masing-masing, khususnya dari tingkat kerawanan bencana. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, kepala daerah harus meninjau setiap lokasi yang berpotensi rawan bencana.

Ia meminta kepala daerah mengecek kondisi sungai, danau, serta wilayah yang berpotensi terjadi longsor. “Yang terpenting titip ya, para kepala daerah siaga satu,” kata Ridwan Kamil usai rapat paripurna di Gedung DPRD Jabar, Jumat (25/9).

Dia menjelaskan, yang menjadi dasar siaga satu yakni musim penghujan akan datang lebih awal satu bulan dibanding biasanya.

Selain itu, saat ini Indonesia khususnya Jabar sedang dilanda musibah doble, bencana alam dan bencana non alam pandemi Covid-19. “Karena ujian dari Allah double, virus covid-19 dan kebencanaan yang biasa rutin memang setahun bisa dua ribu kebencanaan,” ujarnya.

Oleh karenanya, tutur Emil, masyarakat harus tetap berhati-hati dan menjauhi potensi-potensi kebencanaan. Terlebih, pada Senin (21/9) lalu terjadi banjir bandang yang melanda 12 desa di kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Untuk bencana yang di Sukabumi sudah dibantu melalui Pak Wagub dan Kepala BPDB. Mudah-mudahan itu recoverynya cepat,” pungkasnya.(rmol/pojokbogor)