25 radar bogor

Ini Motif Emak-emak di Sumedang Gunting Bendera Merah Putih

Merah-putih
Video seorang emak menggunting bendera merah putih yang viral di media sosial.
Merah-putih
Video seorang emak menggunting bendera merah putih yang viral di media sosial.

SUMEDANG-RADAR BOGOR, Beredar sebuah video perempuan emak-emak dengan nada emosi menggunting bendera merah putih. Video berdurasi 35 detik yang diunggah di aplikasi TikTok itu pun sontak menjadi sorotan masyarakat.

Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi A Chaniago menjelaskan motif pelaku melakukan pengguntingan bendera Merah Putih di Sumedang yakni karena jengkel melihat anaknya selalu membawa bendera itu kemana dia pergi.

“Ibu ini tidak memiliki motif kebencian terhadap NKRI, tapi tindakan ini karena kejengkelan kepada anaknya yang mempunyai gangguan mental yang ke manapun selalu membawa bendera merah putih itu,” kata Erdi di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu (16/9).

Menurut Erdi, ada tiga orang terkait kasus pengguntingan bendera Merah Putih yang diamankan dan menjalani pemeriksaan di Polres Sumedang.

Tiga orang itu berinisial P yang merupakan terduga pelaku pengguntingan, dan dua orang lainnya berinisial A da DY. Erdi mengatakan kini juga polisi tengah mendalami terkait unsur pidana UU ITE dalam aksi itu.

Karena aksi pengguntingan bendera Merah Putih itu diketahui setelah adanya rekaman video berdurasi 29 detik yang beredar di media sosial. “Yang menjadi permasalahan adalah ternyata ada yang memvideokan dan memviralkan, nah ini yang menjadi masalah,” kata Erdi.

Erdi belum menyebutkan siapa pelaku penyebaran ataupun pembuatan video itu. Namun yang didalami adalah dugaan ada unsur provokasi kebencian terhadap NKRI melalui media sosial.