25 radar bogor

RS di Jakarta Disebut di Ambang Kolaps, Kepala BNPB: Pak Anies Betul

Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala BNPB Doni Monardo

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan saat ini tren perkembangan grafik bed occupancy ratio atau kapasitas tempat tidur di 67 rumah sakit rujukan Covid-19 di DKI Jakarta memperlihatkan kenaikan.

Doni mengaku telah sering berdiskusi dan memberikan pesan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk memperhitungkan jumlah kapasitas tempat tidur.

“Saya berdiskusi dengan Pak Gubernur, kami membahas agenda yang memperlihatkan grafik peningkatan. Karena setiap minggu saat bapak presiden memimpin rapat saya selalu melaporkan tentang tren perkembangan grafik BOR (bed occupancy ratio) rumah sakit di Jakarta. Saya tujukan kepada Gubernur Anies, bahwa ada peningkatan. Dan beliau melihat betul tetapi belum terlalu apa namanya terlalu fatal begitu,” kata Doni dalam dialog yang disiarkan langsung dari Youtube BNPB, Jakarta, Minggu (13/9/2020) dilansir Sindonews.com.

“Setelah itu sering berdiskusi dengan Kepala Dinas Kesehatan DKI menyampaikan pesan, mengingatkan DKI untuk betul-betul memperhitungkan ketersediaan bed occupancy rate untuk ICU di 67 rumah sakit rujukan di Jakarta. Nah dalam 3 minggu terakhir ini, kami setiap malam senin itu bertemu dan membahas hal ini,” ungkap Doni.

Doni mengatakan masalah ketersediaan tempat tidur RS di Jakarta juga sudah disampaikan kepada Menteri Kesehatan.

“Dan saya juga sudah koordinasikan dengan bapak Menteri Kesehatan dan sudah ada langkah-langkah untuk menata agar kekhawatiran tentang ketersediaan ruang ICU di rumah sakit ini bisa kita atasi bersama gitu,” katanya.