25 radar bogor

Inisiatif Merdeka

Tanah 40 hektare itu memang tanah kosong. Letaknya agak jauh dari mana-mana. Tapi masih di negara bagian Georgia. Kira-kira 150 Km dari kota terbesar di Georgia, Atlanta. Atau sekitar 100 Km dari “ibu kota golf dunia” Agusta. Lokasi itu tepatnya di antara dua kota itu tapi agak ke arah selatan.

Kira-kira saya tahu wilayah ini. Saya pernah menjelajah  kawasan itu. Termasuk pernah mengemudi sendiri dari Atlanta ke Agusta –melihat lapangan golf yang selalu dipuja teman saya Robert Lai itu.

Lebih tepatnya lagi tanah 40 hektare itu ada di satu kawasan tidak bernama. Dekat dengan Toomsboro.

Nantinya “kota 40 hektare” itu disebut: Freedom Georgia Initiative.

Kini lahan itu sudah mulai dibuldozer. Sudah pula dipasarkan.

Desain dan penataan kawasan ini mendapat inspirasi dari pedesaan Wakanda, di film Black Panther. Yang bintang utamanya baru saja meninggal itu.

Tapi misi ideologisnya bukan dari film yang fiksi itu. Inspirasinya dari film yang nyata-nyata terjadi di dunia. Bahkan terjadi di Georgia: terbunuhnya Ahmaud Arbery. Yakni pemuda kulit hitam, 25 tahun, yang suka olahraga jogging.

Malam itu Arbery lagi jogging di kawasan yang tenang dan indah. Di musim panas seperti itu –apalagi di wilayah selatan seperti Georgia– tempat tadi  terasa sangat nyaman.